Salam :)

Selasa, 26 Maret 2013

KETIKA SANG PRESIDEN DITAWAN



Review film kali ini adalah sebuah film Hollywood yang baru saja beredar di bioskop-bioskop di Jakarta. Judul filn tersebut adalah OLYMPUS HAS FALLEN (OHF).

Berhubung tema kita adalah tentang Kepemimpinan, maka kita akan mereview film ini dari segi kepemimpinan. Ya, cocok sih, karena di film ini diceritakan bagaimana kepemimpinan yang tepat itu diperlukan dalam kondisi yang kurang menyenangkan. Pemilihan pemimpin yang baik berdampak dalam keputusan dan langkah yang bisa diambil.

OHF menceritakan tentang Presiden USA, Benjamin Asher (Aaron Eackhart), yang menjadi sasaran teror dari para teroris. Setelah dia kehilangan istrinya, Margaret Asher (Ashley Judd) yang tewas dalam serangan mendadak dari kediamannya di Camp David, Sang Presiden mendapatkan ancaman kembali kali ini langsung di tempat kediamannya di White House.

Disinilah peran kepemimpinan Sang Presiden diuji. Dalam keadaan tersandera oleh salah seorang teroris asal Korea Utara, Kang (Rick Yune), peran presiden USA digantikan oleh juru bicara Presiden, Speaker Trumbull (Morgan Freeman) yang didampingi oleh Ketua organisasi Rahasia, Lynn Jacobs (Angela Basset).

Keputusan-keputusan genting pun diambil dalam keadaan darurat ini. Terutama saat sang teroris meminta suatu hal yang menguntungkan mereka dengan mengancam jika tidak dikabulkan maka tawanan yang ada akan dibunuh satu per satu termasuk Sang Presiden. Walaupun sempat terjadi perdebatan dan perbedaan pendapat tetapi hasil yang didapatkan pun sangat baik.

Kepemimpinan Presiden Asher pun sangat patut dipuji dalam film ini. Dia berkali-kali mementingkan orang lain ketimbang keselamatan dirinya sendiri. Termasuk saat Sekretaris Pertahanan, Ruth Millian (Melissa Leo), mendapat ancaman dari sang teroris.

Berkat ketenangan Sang Presiden dan kerjasama yang bagus yang ditunjukkan oleh agen rahasia Mike Manning, sang teroris akhirnya berhasil dikalahkan dan Sang presiden pun berhasil diselamatkan. Ya, tipikal film Amerika kebanyakan, yang ujung-ujungnya selalu menang.

Secara keseluruhan film ini lumayan bagus, terutama penggambaran kepemimpinan sang presiden dalam kondisi sulit. Disini bisa diambil kesimpulan bahwa kepemimpinan yang bersifat tenang dan jernih bisa membuat sesuatu yang tampak kelam menjadi cerah kembali.

Nilai yang kami berikan untuk film ini adalah 3 dari total 5. Bagus dari segi kepemimpinan, gambar dan efek, namun kurang dari segi cerita dan logika.

Nah sekarang, selamat menonton film!

0 komentar:

Posting Komentar